Artikel Cara Mengatasi Copyright di Instagram Dengan Cara-Cara Ini!

Cara Mengatasi Copyright di Instagram Dengan Cara-Cara Ini!

0

Lagu, musik, atau potongan video tertentu bisa membuat sebuah konten semakin keren. Tak dipungkiri, banyak yang menggunakan lagu atau footage orang lain untuk memperkaya konten buatannya sendiri. Ada yang untuk koleksi pribadi, ada juga yang untuk di-publish di media sosialnya. Nah, karena hal itu dan dengan makin banyaknya pengguna media sosial, issue tentang copyright tidak bisa dihindari. Hal ini dilakukan supaya menghindari penggunaan aset kreatif yang tidak pada tempatnya atau bahkan pencurian karya. Oleh karena itu,issue tentang copyright saat ini tak lagi hanya terdapat di YouTube dan Facebook saja, namun juga sampai pada Instagram, terutama pada konten yang menggunakan lagu tertentu sebagai backsound.

Tentu kita berpikir, jika kita harus meminta izin langsung pada pemilik lagu atau footage video yang kita gunakan agar tidak terkena copyright. Hal ini tentu saja akan menyusahkan, karena bisa dipastikan sang kreator terlebih yang berstatus selebriti akan sulit dihubungi.

Nah, makanya kali ini Allstars akan memberikan langkah-langkah yang bisa dilakukan agar kontenmu di Instagram tidak terkena copyright, tentunya sesuai dengan ketentuan yang berlaku ya.

Langkah-langkah Untuk Mengatasi Copyright

Yang pertama, setelah masuk ke dalam akun Instagram, buka menu Aktivitas yang ada di beranda, letaknya di pojok kanan atas dekat dengan Direct Message. Nantinya notifikasi pelanggaran copyright akan tertulis di situ jika kamu memang menggunakan aset tertentu.

Selanjutnya klik notifikasi tersebut dan akan ada laman yang bertuliskan Video Anda Sudah Diblokir. Cek daftar Negara yang ada, jika Indonesia terdapat di dalam daftar tersebut, maka copyright masih bisa diatasi dengan langkah selanjutnya, yaitu menekan Banding. Untuk mendapatkan persetujuan banding, kamu harus membaca dan memahami syarat dan ketentuan yang muncul setelahnya, karena apabila dilanggar akun kamu berpotensi untuk diblokir.

Nah, jika kamu merupakan pemilik karya tersebut (biasanya copyright muncul, bahkan pada pemilik karya sebenarnya karena aturan tertentu dari third party tempat karya tersebut dipublikasikan, misalnya Spotify), silakan klik tanda centang pada pilihan Saya Setuju lalu berikan tanda tangan digitalmu, dan kemudian klik tombol Banding.

Proses pengembalian konten Instagram-mu yang terkena copyright akan berlangsung tidak lama, terlebih jika aset yang digunakan sebenarnya adalah milikmu sendiri.

Nah, bagaimana cara mengatasi copyright pada penggunaan karya yang bukan milik kita? Sebenarnya, tidak ada cara mengatasinya, tapi ada cara untuk mencegahnya. Yang pertama, gunakan musik yang bebas hak cipta. Musik seperti ini banyak tersebar dan memang diciptakan untuk digunakan orang banyak. Kamu bisa mendapatkannya dari YouTube untuk memilih musik yang  NCS (No Copyright Sound). Masih banyak lagi penyedia musik atau footage gratis yang legal untuk digunakan.

Jadikan momen ini juga untuk berkolaborasi dengan temanmu. Mungkin kamu punya kenalan yang memang ahli dalam music composing, nah, kamu bisa mengajaknya dalam satu project untuk membuat sesuatu. Karena kita pasti tahu, dalam proses kreatif, jika ada pemikiran lebih dari satu orang maka akan lebih ‘tajam’ lagi hasilnya. Yang terakhir, mungkin juga ini momenmu untuk mempelajari hal baru. Mungkin ini saat yang tepat buatmu untuk menambah skill, belajar memainkan alat musik, misalnya? Who knows? Tidak pernah ada kata terlambat bukan, untuk belajar hal baru.

 Yang penting, jangan pernah berhenti untuk berkarya yah!

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Exit mobile version