Cara Mencari Judul Lagu Tiktok Yang Kamu Sukai

0
1804
menikmati lagu tiktok yang disukai

Lagu atau musik latar adalah elemen utama pada sebuah video TikTok. Banyak lagu yang tadinya tidak diketahui masyarakat, kemudian menjadi booming karena terekspos oleh sebuah konten TikTok yang masuk FYP dan viral . Walau begitu, tak semua lagu itu awalnya sudah kita kenal, ada beberapa lagu yang baru pertama kali kita dengar.

Berbeda dengan tulisan atau gambar yang bisa dengan mudah kita cari lewat laman pencarian seperti Google, sebuah lagu yang berupa nada akan punya cara tersendiri untuk dicari tahu judul dan detail lainnya. Tentu akan terasa menyebalkan sekali jika kita ‘jatuh cinta’ dengan sebuah lagu, namun sama sekali tidak tahu apa judul dan siapa yang menyanyikannya.

Nah, hal pertama yang bisa kita lakukan untuk mencari tahu apa judul TikTok tersebut biasanya dengan menulis komentar yang mempertanyakannya. Namun, daripada menunggu balasan yang kadang bisa memakan waktu. Simak yuk di bawah ini!

Baca juga : cara yang bisa bikin kamu masuk FYP di Tiktok!

Beberapa Aplikasi Yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Mengetahui Judul Lagu Yang Kamu Sukai

Shazam

aplikasi shazam

Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan untuk mencari tahu judul lagu adalah Shazam. Selain bisa dioperasikan dengan menggunakan Android atau iOS, Shazam juga terintegrasi dengan Siri dan Google Assistant. Download terlebih dahulu aplikasi ini lalu buat akun personalmu. Oh iya, untuk membuat akun di aplikasi ini, kamu tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

Selanjutnya, putar video TikTok yang lagunya ingin kamu ketahui judulnya dengan menggunakan loudspeaker atau menggunakan ponsel lain. Usahakan lagu terdengar jelas tanpa noise ya, agar Shazam bisa mudah mengenalinya. Setelah itu, tunggu Shazam mengidentifikasi lagu yang digunakan di video tersebut. Shazam akan memproses audio yang ‘didengarnya’, lalu mencari nada yang sama melalui database yang dimilikinya.

Tidak butuh waktu yang lama hingga akhirnya Shazam akan memberitahu informasi yang ada pada lagu tersebut, yaitu judul, penyanyi, album dan detail lainnya. Tentu akan ada mode play untuk mendengar hasil pencarian lagu yang dimaksud secara utuh.

Jangan lupa untuk periksa koneksi internetmu yah sebelum menggunakan aplikasi ini untuk mendapatkan hasil pencarian yang maksimal.

SoundHound

aplikasi soundhound

Baca juga : Bagaimana cara agar konten yang dibuat bisa masuk FYP? 

Aplikasi selanjutnya adalah SoundHound. Aplikasi ini memiliki step yang kurang lebih sama seperti dengan Shazam. Putar video TikTok atau senandungkan nada lagu yang sedang kalian cari judulnya, kemudian SoundHound akan memprosesnya. Ada hal menarik yang disajikan dalam hasil pencarian SoundHound, nantinya tak hanya detail informasi lagu saja yang ditampilkan, tetapi juga akan ada video dan lirik lagu hasil pencarian di bagian bawah layar.

Yang lebih seru, liriknya akan ter-highlight secara real time sembari lagu diputar. Hasil pencarian lagu yang kamu lakukan juga akan tersimpan di data profil kamu. Jadi sewaktu-waktu jika kamu melupakan lagi judul lagunya, kamu bisa mengeceknya di situ.

SoundHound juga didukung oleh platform music streaming Spotify dan Apple Music, jadi kamu bisa membuat playlist dari hasil pencarian lagu TikTok favoritmu.

MusiXMatch

aplikasi musixmatch

Yang terakhir kamu bisa menggunakan aplikasi MusiXMatch. Aplikasi ini memang tidak dikhususkan sebagai aplikasi pencari lagu, namun lebih pada music player. Namun, MusiXMatch diklaim punya database musik terbesar beserta lirik lagu terlengkap. Karena sering kali ada lagu yang tidak diproduksi oleh musisi major label dan berakibat susah dicari dengan menggunakan kedua aplikasi di atas, MusiXMatch bisa jadi alternatif yang kamu butuhkan. Kamu tinggal memasukkan beberapa potongan lirik yang kamu dengar dari lagu di video TikTok, kemudian lakukan pencarian dan tunggu hasilnya. Mudah bukan?

Baca juga : Hal-hal yang bisa membantu kamu untuk masuk FYP di Tiktok

Itu tadi beberapa aplikasi yang bisa membantu kamu mencari judul lagu TikTok yang sering muncul di FYP dan kamu sukai. Ibarat kamu sedang menyukai seseorang yang kamu lihat, pasti kamu ingin kenal lebih dekat, kan. Mengetahui namanya, latar belakangnya, dan apa pun detail yang dimilikinya. Semoga bisa mencerahkanmu yang tengah kesusahan mencari judul lagu favorit, ya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini