Ide Marketing Campaign Yang Menarik untuk Brand Kamu di 2022!

1
2003

Pernah dengar kalimat Life Is Never Flat? Mulai Aja Dulu? Pasti Ada Jalan? Inspiring Beauty? Kalau ada marketing campaign yang langsung kamu ingat saat membaca kalimat tersebut, berarti brand tersebut telah sukses membuatnya!

Apa itu Marketing Campaign?

Marketing campaign adalah cara yang dilakukan untuk mempromosikan sebuah produk brand kepada target konsumennya.Pada dasarnya ini adalah bagian dari strategi marketing dimana hal ini dilakukan untuk meningkatkan penjualan brand. Biasanya dilakukan dengan cara beriklan, demonstrasi produk ataupun mulut ke mulut, tapi yang paling populer dilakukan brand saat ini adalah dengan menyebarkan konten di media sosial.

Marketing campaign adalah cara yang dilakukan untuk mempromosikan sebuah produk brand kepada target konsumennya. Biasanya marketing campaign dilakukan dengan cara advertising, demonstrasi produk ataupun mulut ke mulut, tapi yang paling populer dilakukan brand saat ini adalah dengan menyebarkan konten di media sosial.

Cara Membuat Marketing Campaign

Membuat marketing campaign termasuk kompleks, namun dapat berpengaruh besar terhadap sebuah brand apabila dapat berjalan dengan baik. Marketing campaign yang efektif berasal dari hal-hal yang berbeda, tidak ada sebelumnya, dan dapat langsung tepat sasaran ke target yang dituju. Lalu, bagaimana caranya untuk membuatnya? Yuk kita cari tahu!

1. Tentukan Goals dari Marketing Campaign Kamu!

Goals dari Marketing Campaign

Pertama, kamu harus tahu sebenarnya apa sih yang kamu harapkan setelah marketing campaign ini berjalan? Misalnya, kalau kamu seorang pebisnis sepatu, kamu harus menargetkan penjualan sebanyak 5.000 sepatu atau ada 1.000 orang yang mengikuti akun media sosial brand kamu.

Nah, biar lebih mudah berikut adalah beberapa goals dari marketing campaign yang bisa menjadi referensi buat kamu: 

  • Memperkenalkan produk baru
  • Membangun brand awareness
  • Menargetkan konsumen baru
  • Meningkatkan hubungan dengan konsumen
  • Meningkatkan angka penjualan
  • Mengembangkan relasi bisnis
  • Memasuki pasar yang lebih luas

Sudah adakah goals yang terwujud dari referensi di atas? Lalu, apa goals kamu berikutnya?

2. Siapa sih Target Audiens Kamu?

target audiens

Semakin sesuai dengan target audiens, semakin besar juga kemungkinan marketing campaign kamu berhasil! Dengan kamu memahami keinginan target audiens, kamu dapat membuat campaign yang lebih relevan, bernilai dan berkesan.

Tapi, kamu sudah punya target audiens belum? Biar lebih spesifik lagi, kamu harus tentukan karakteristik dari target audiens kamu, seperti: Umur, Jenis Kelamin, Lokasi, Pekerjaan, Status Ekonomi, Ketertarikan, bahkan Pendidikan! 

Kalau kamu seorang pebisnis make up, pastinya target kamu adalah perempuan dong? Kira-kira selain itu, apa lagi karakteristik yang bisa kamu targetkan ya? Usahakan membuat goal se detail mungkin supaya hasil bisa diukur secara akurat

3. Buat Konten Kamu Semenarik Mungkin!

buat marketing campaign  menarik

Komponen penting berikutnya adalah dengan membuat konten marketing campaign. Dalam membuat konten, kamu harus menyelipkan informasi yang ingin disampaikan ke audiens dan jangan lupa masukan unsur call to action untuk membuat engagement dengan audiens.

Kamu bisa mengemas konten dalam berbagai jenis, seperti e-mail, blog, poster ataupun video. Mungkin dulu kamu harus menggunakan jasa agensi iklan, tapi sekarang kamu bisa membuat marketing campaign sendiri kok! Kamu bisa mencari referensi di internet, lalu memanfaatkan website dan aplikasi gratis Canva, Picsart, bahkan TikTok loh!

4. Publikasi Campaign Kamu!

membuat konten sosial media yang menarik

Setelah konten yang kamu buat sudah rampung, pastinya konten tersebut harus dipublikasikan! Nah, beberapa platform yang bisa kamu manfaatkan diantaranya adalah e-mail, radio, televisi, event, dan media sosial.

Semakin banyak platform yang kamu manfaatkan, semakin banyak juga audiens yang dapat tercapai. Tapi, kamu juga harus memikirkan budget loh! Kalau kamu baru menjalankan bisnis, gak perlu deh kayaknya untuk beriklan di televisi. Media sosial akan lebih efisien untuk kamu pebisnis baru! 

Tujuan Marketing Campaign

1. Brand

Tahap pertama yang ingin dicapai dalam membuat marketing campaign adalah mendapatkan brand awareness agar lebih dikenal oleh target audiens dan masyarakat secara umum

2. Leads

Di tahap ini diharapkan campaign yang telah berjalan dapat menggiring target audiens ke website dan menjadi leads. Diharapkan Anda menyediakan informasi lengkap seputar produk Anda agar dapat mendorong audiens potensial untuk melakukan pembelian.

3. Sales

Audiens telah percaya terhadap produk yang Anda tawarkan dimana produk tersebut dapat menyelesaikan masalah konsumen dan mempunyai ekspektasi yang tinggi terhadap produk Anda.

4. Loyalty

Tips lain agar konten kamu efektif sampai ke audiens adalah dengan cara memanfaatkan jasa influencer. Mereka memiliki target audiens masing-masing loh! Hal ini memudahkan kamu untuk memilih mana influencer yang cocok untuk promosi brand kamu. Nah, untuk memilih influencer yang tepat kamu pun dapat menentukan nya melalui indikator besar atau kecilnya interaksi akun mereka melalui kalkulator engagement rate instagram.

Jika produk yang Anda tawarkan memberikan kepuasan maka pelanggan dengan sendirinya akan kembali untuk menggunakan produk Anda. Hal inilah yang menjadi pertanda jika bisnis Anda memiliki progress yang baik.

Allstars sebagai platform influencer terbesar di Indonesia menghadirkan berbagai influencer untuk mempromosikan brand kamu. Kamu tertarik untuk memanfaatkan influencer? Yuk segera cek website Allstars!

1 KOMENTAR

  1. artikelnya enak dibaca sampai akhir.Jadi pengen sewa influencer tapi sayang website baru berdiri takut kena penalty google kalau pengunjung website tiba-tiba banyak.Tapi rekomend banget pakai influencer kalau bisnis sudah mapan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini