3 Cara Membuat Instagram Untuk Personal Branding di 2020!

0
2132
cara membuat personal branding

Sadar atau tidak, kamu sudah punya personal brand loh! Kamu tau gak, kalau segala sesuatu yang kamu unggah ke sosial media, mulai dari tulisan, gaya bahasa, gambar, foto, video dan segala konten dalam akun pribadi media sosial kamu membentuk personal brand kamu di mata khalayak digital atau yang lebih spesifik lagi, audiens kamu di media sosial. 

Namun bagaimana sih cara untuk meningkatkan personal branding yang baik agar sosial media yang dimiliki bisa memiliki konten yang seru dan menarik? Simak di bawah ini ya.

Pengertian Personal Branding

Tapi sebetulnya, apa itu personal branding? Personal branding adalah cara yang kita lakukan untuk membentuk reputasi dan impresi diri sendiri dari sudut pandang orang lain. Personal branding yang baik banyak dibangun oleh individu dengan tujuan memasarkan produk mereka. 

Manfaat Personal Branding

Manfaatnya ada banyak banget loh, baik untuk diri mereka sendiri maupun produk yang mereka ingin pasarkan. Dampaknya terhadap diri sendiri, kamu jadi lebih percaya diri dari berbagai hal positif yang kamu bagikan ke orang lain. 

Selain itu, dengan kamu membuat personal branding yang baik, kamu dapat memperluas koneksi dengan  orang lain yang memiliki interest yang sama dengan kamu. Koneksi tersebut dapat menjadi wadah kamu untuk berbagi hal-hal dari interest yang sama, sehingga terbentuklah sebuah kepercayaan dari koneksimu. Adanya kepercayaan ini membuat produk kamu lebih dikenal orang, sehingga nilai jual produk kamu juga akan meningkat. 

Kalau kamu sudah tau betapa pentingnya personal branding memiliki dampak yang besar untuk memasarkan produk kamu, sekarang saatnya cari tahu bagaimana cara membuat personal branding yang baik! Cara yang paling mudah dan efektif adalah dengan memanfaatkan media sosial Instagram. Yuk simak caranya dibawah:

Strategi Personal Branding Lewat Instagram

1. Tentukan Konsep Konten Personal Branding

Apa sih yang biasanya kamu unggah ke Instagram kamu? Aktivitas kamu setiap hari? Makanan yang kamu makan tadi siang? Atau panorama dari tempat liburan akhir tahun yang sedang kamu singgahi?

Memang gak ada batasan untuk kamu mengunggah konten apa yang ingin kamu bagikan. Tapi, alangkah baiknya kalau kamu membuat konten Instagram yang terkonsep agar audiens kamu dapat lebih mudah mengidentifikasi personal branding yang kamu lakukan. Semakin mudah mereka menemukan interest kamu melalui personal branding, maka semakin banyak juga orang bisa interaksi sama kamu. 

2. Just Be Yourself

Unggahlah konten tentang hal yang yang kamu suka. Jadilah apa adanya. Tunjukan ke audiens tentang apa yang sesuatu yang menjadi hal menarik untuk kamu. 

Jangan coba-coba untuk mengunggah sesuatu yang tidak sesuai dengan dirimu hanya karena kamu ingin dipandang berbeda oleh audiens kamu. Dengan begitu, audiens akan memandang kamu seperti orang yang apa adanya, dan itu bagus untuk personal branding kamu! 

3. Komunikasi Dengan Audiens

Ini juga penting loh buat membangun personal branding kamu. Dengan kamu melakukan komunikasi dengan audiens kamu, mereka akan merasa memiliki hubungan yang lebih intens dengan kamu. Kamu bisa membalas komen mereka di post feed kamu, ataupun mengunggah ulang konten mereka di Instastory. Alhasil, mereka akan menganggap kamu ramah bahkan welcome dengan kehadiran mereka. Dengan berinteraksi dengan audiens mu harapan nya dapat meningkatkan engagement rate akun instagram mu. Ketahui engagement rate instagramuntuk mengetaui total interaksi dengan followers kamu!

Contohnya kaya salah satu influencer Allstars, Hanum! Si cantik yang merupakan beauty enthusiast ini memiliki konsep yang apik dalam Instagramnya. Selain itu, dia juga terkesan apa adanya banget loh! Meskipun seorang beauty influencer, Hanum gak malu loh untuk nunjukin silly facenya di Instagram. Wah salut banget sama dara 19 tahun ini..

interaksi untuk memperkuat personal branding

Instagram: @hanummegaa

Nah, karena kamu udah tau pentingnya dan pengaruhnya personal branding, sekarang gak ada alasan lagi ya buat kamu ga ngelakuin hal ini.. Siapa tau kamu bisa jadi influencer Allstars selanjutnya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini