Contoh Brief untuk Influencer yang Mengesankan (Dengan Panduan Praktis)

1
21741
contoh brief untuk influencer

Ingin bekerja sama dengan influencer? Eits, ada satu hal yang brand-mu perlu diperhatikan yaitu contoh creative brief. Hal ini sangat penting, sebab brief bisa membantu brand-mu dalam mengkomunikasikan apa yang dibutuhkan dalam sebuah campaign kepada influencer. Selain itu, influencer pun akan menjadi lebih paham dan bisa menyesuaikan dalam menyajikan konten terkait. Berikut contoh brief untuk influencer yang bisa dijadikan panduan

Apa itu Creative Brief?

Creative Brief adalah sebuah petunjuk mengenai rencana kerja yang meliputi arah kampanye dan target kampanye untuk suatu bisnis tertentu. Berikut Contoh brief untuk influencer yang mengesankan mungkin terdengar seperti sebuah tantangan, tetapi tidak harus seperti itu.

Sebaiknya investasikan waktu untuk membuat brief yang mendapat perhatian influencer, jelaskan tujuan kampanye Anda dan jelaskan harapan Anda kepada influencer. Apakah Anda siap untuk memakukan brief influencer Anda dan mengatur kampanye pemasaran influencer Anda untuk sukses? Dapatkan panduan pengarahan influencer gratis kami, ikuti tips teratas kami yang dapat ditindaklanjuti dan Anda akan membuatnya keluar dari taman, setiap saat!

Mengapa Brief Penting?

Kami mengerti, Anda sibuk. Mungkin sulit untuk menemukan waktu agar semua yang ada dalam daftar tugas Anda dicoret. Anda mungkin tergoda untuk menyatukan influencer singkat Anda sesegera mungkin, tetapi kami tidak akan merekomendasikannya. Menginvestasikan waktu untuk membuat brief influencer yang mengesankan adalah penting karena dua alasan utama.

Baca juga: Contoh Scope of Work Influencer

  • Influencer dan keterampilan mereka sangat diminati dan mereka sering menerima banyak permintaan untuk berkolaborasi. Pikirkan brief influencer Anda seperti pitch dan gunakan untuk menjual merek dan / atau produk Anda ke influencer untuk membuat mereka bersemangat tentang prospek bekerja dengan Anda.
  • Tergoda untuk menyibak brief Anda sering berarti Anda belum menghabiskan waktu untuk menentukan tujuan pemasaran influencer Anda dan membentuk strategi Anda di sekitarnya. Jika Anda berkomitmen untuk mendapatkan ROI dari upaya pemasaran influencer Anda, menulis brief influencer yang mengesankan harus menjadi bagian penting dari proses Anda.

Cara Menulis Brief

Cara yang bagus untuk menulis brief influencer yang mengesankan adalah mulai memikirkan brief Anda seperti Anda melakukan rencana bisnis. Laporan singkat Anda harus menunjukkan dengan jelas kepada influencer arah yang Anda inginkan dari kampanye, dan membuat rujukan ke sasaran, sasaran, dan KPI Anda untuk kampanye itu seperti rencana bisnis. Menunjukkan apa yang Anda bayangkan sebagai keberhasilan, membantu influencer untuk memastikan kontribusi mereka, apakah itu konten sosial, video atau posting blog, sesuai dengan visi dan pesan kampanye Anda.

Influencer dan keterampilan mereka sangat diminati dan mereka sering menerima banyak permintaan untuk berkolaborasi. Pikirkan brief influencer Anda seperti pitch dan gunakan untuk menjual merek dan / atau produk Anda ke influencer untuk membuat mereka bersemangat tentang prospek bekerja dengan Anda.
Tergoda untuk menyibak brief Anda sering berarti Anda belum menghabiskan waktu untuk menentukan tujuan pemasaran influencer Anda dan membentuk strategi Anda di sekitarnya. Jika Anda berkomitmen untuk mendapatkan ROI dari upaya pemasaran influencer Anda, menulis brief influencer yang mengesankan harus menjadi bagian penting dari proses Anda.

Contoh Creative Brief yang Baik Untuk Influencer dan 4 Cara Buatnya

Sebuah creative brief yang baik adalah yang bisa memberikan informasi kepada influencer tentang campaign, brand voice, pengukuran dan KPI (Key Performance Indicator) yang jelas, serta do and don’ts. Selain daripada itu, penting bagi creative brief untuk dibuat runtut sesuai dengan komponen yang dibutuhkan. Komponen umum dari creative brief antara lain:

  • Profil brand
  • Garis besar project
  • Latar belakang project
  • Tujuan
  • Target audiens
  • Kompetitor
  • Gaya komunikasi
  • Call-to-action (CTA)
  • Channel distribution

Ada 4 cara dalam membuat creative brief yang baik bagi influencer, yaitu:

Tulis informasi brand

Pertama, pastikan kamu membuat informasi yang singkat tetapi cukup jelas mengenai brand-mu. Mulai dari background perusahaan, niche yang dijalankan, sampai output dari brand-mu. Satu yang penting adalah para pembaca termasuk influencer bisa paham mengenai brand-mu.

Buat garis besar latar belakang dan tujuan campaign

Setelah membahas mengenai brand-mu, saatnya untuk membahas lebih spesifik mengenai campaign yang akan dijalankan. Kamu bisa mulai dengan membuat latar belakang yang berangkat dari fenomena yang sedang terjadi. Selanjutnya, kamu juga bisa menuliskan tujuan yang ingin brand-mu capai lewat campaign ini. 

Berikan informasi yang mendetail mengenai campaign

Kemudian kamu bisa untuk menuliskan penjelasan yang lebih mendetail tentang campaign. Mulai dari analisis kompetitor terkait, kemudian pesan dan gaya komunikasi yang brand-mu ingin sampaikan termasuk garis besar konsep konten yang diinginkan, sampai Call-to-Action (CTA).

Sampaikan rencana distribusi konten

Terakhir, jangan lupa untuk menyampaikan rencana distribusi konten. Sebab, influencer perlu tahu konten yang bersangkutan akan dibagikan di platform apa dikarenakan masing-masing platform memiliki treatment yang berbeda-beda. Selain itu, karakteristik audiens masing-masing platform juga berbeda, sebut saja Facebook yang dikenal banyak digunakan oleh orang tua dan TikTok oleh anak muda.

Brief yang bagus memberikan informasi kepada influencer tentang kampanye, pesan merek Anda, hasil yang jelas dan apa yang harus dilakukan dan yang tidak, tetapi brief yang mengesankan melangkah lebih jauh. Di sini ketiganya harus memiliki elemen untuk membantu memperkuat brief Anda:

Arah Yang Jelas

Oke, kita tahu. Kami terus kembali ke titik ini! Sudah mengerti? Memberi influencer arah yang jelas di muka adalah bagian terpenting dari memakukan brief influencer Anda.

Visual dan Warna

Ingat kami mengatakan untuk menganggap brief Anda seperti pitch? Apakah Anda akan melemparkan layanan bisnis atau produk Anda ke bisnis lain dalam dokumen atau email kata standar persediaan? Nggak. Aturan yang sama berlaku untuk Brief Influencer. Bertujuan untuk menyenangkan influencer dan membuat mereka ketagihan. Buat mereka ingin bekerja dengan Anda

Bersihkan Panggilan Untuk Bertindak

Jangan berusaha untuk membuat brief yang mengesankan hanya untuk lupa memberi influencer panggilan yang jelas untuk bertindak. Pastikan influencer tahu bagaimana mengambil langkah selanjutnya dan terlibat dalam kampanye Anda.

Komponen dalam Sebuah Brief

Dalam panduan ini, kami telah menyertakan 9 bagian utama untuk Anda selesaikan, serta tips teratas yang dapat ditindaklanjuti untuk membantu Anda sepanjang jalan. Gunakan panduan ini untuk membuat brief influencer yang mengesankan setiap saat.

  • Panduan
  • Tentang Kampanye
  • Pesan Kampanye dan Merek Utama
  • KPI dan Tujuan
  • Kiriman
  • Persetujuan Konten
  • Ide Konten & Moodboards
  • Lakukan dan Jangan
  • Garis pelanggaran

Itulah penjelasan mengenai contoh creative brief yang baik bagi para influencer. Jika kamu tertarik untuk menjalankan kolaborasi bersama influencer, pastikan kamu sudah siapkan juga creative brief yang tepat, ya. Masih mencari influencer yang tepat untukmu? Yuk, daftarkan brand-mu dan temukan influencer yang cocok di Allstars!

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini